Bisnis Digital Advertising Punya Prospek Cerah di Indonesia
ERA digital saat ini kian mengubah wajah kehidupan manusia. Berbagai inovasi dan cara kreatifitas manusia sebagai sumber daya utama pun ikut berkembang, menyelaraskan ritme kehidupan digital. Salah satunya konsep pemasaran baru yang muncul dari adaptasi di era ini adalah digital advertising. PR Consultant VTube Glen P menjelaskan, digital advertising dapat didefinisikan sebagai proses memasarkan suatu brand, produk atau layanan dengan menggunakan media digital atau internet. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk menjangkau target pasar secara lebih cepat dan luas. "Karakter saluran internet yang cepat dan terarah membuat komunikasi antara penjual dan pembeli justru semakin efektif dan efisien, seperti melalui browser web, halaman media sosial, blog, aplikasi dan platform lainnya di dunia maya," katanya dalam keterangan tertulis. Menurut Glen, konsep digital advertising adalah sebuah revolusi dalam dunia periklanan. Bila dulu promosi efektif disampaikan dari mulut ke mulut, lalu menggunakan media cetak dan beralih ke media penyiaran, maka media internet dengan konsep digital menawarkan kecepatan dan efektifitas kepada penggunanya. "Bayangkan, kurang lebih 4,5 miliar penduduk dunia yang menjadi pengguna aktif internet, kini berpotensi menjadi pasar menjanjikan bagi banyak bisnis," ujarnya. Menurut data dari eMarketer.com, hingga 2018, keadaan industri periklanan digital di Asia Pasifik menempatkan Indonesia sebagai negara dengan total belanja media tertinggi, bahkan melampaui Tiongkok dan Singapura. Keadaan ini diproyeksikan akan terus berkembang dan terbukti pada 2019, pengeluaran Indonesia untuk digital advertising berbasis smartphone mencapai Rp37 triliun. Proyeksi tersebut, lanjut Glen, jelas menarik bagi para pengembang aplikasi digital di Indonesia. Sampai saat ini, mereka menganggap platform digital sebagai opsi terbaik untuk beriklan. Hal ini kemudian menjadi sebuah peluang besar bagi bisnis digital berbasis konten untuk semakin meningkatkan performanya di masa depan. Salah satu keunggulan konsep digital advertising dibandingkan iklan konvensional terletak media yang menyediakan data pemasaran yang detil, sehingga kegiatan pemasaran pun dapat diimprovisasi setiap saat dengan ketepatan yang presisi dan berdampak besar bagi peningkatan penjualan. "Hal ini sangat penting bagi sebuah bisnis, mengingat semakin dinamisnya konsumen seiring perkembangan teknologi yang mereka gunakan," tutur Glen.
Walau digital advertising terus berkembang, namun setidaknya terdapat 4 jenis tipe digital advertising yang umum digunakan, yaitu Search Engine Marketing yang menjadikan mesin pencari sebagai media untuk beriklan, contohnya adalah apa yang dilakukan oleh Google dengan adsense-nya. Lalu, remarketing/retargeting advertising, dimana produk atau jasa layanan yang dijual ditawarkan kembali kepada konsumen yang telah menunjukkan minat atau pernah membeli produk tersebut, jenis ini sering ditemukan pada platform e-commerce, seperti Tokopedia atau Shopee. Tipe ketiga adalah native advertising yang biasanya muncul di bawah bagian "recommended reading", "related stories", atau "promoted stories" dan sesuai dengan konten yang sedang dibaca atau tonton, hal ini seringkali kita temukan di media-media pemberitaan online. Selanjutnya adalah Social Media Marketing yang menggunakan berbagai platform media sosial untuk beriklan. Setiap media sosial, seperti Facebook, Instagram, TikTok, Youtube maupun VTube menerapkan berbagai jenis iklan yang ditampilkan sesuai efektifitas dan efisiensinya masing-masing, seperti display ads, text ads dan video ads. "Dalam digital advertising, impresi memegang peran penting sebagai parameter intensitas sebuah iklan digital ditayangkan. Besaran impresi akan berpengaruh pada harga yang harus dibayarkan oleh para pengiklan dalam skema yang ditawarkan," ucap Glen. Adapun beberapa skema dalam digital advertising, antara lain CPC (Cost Per Click), yaitu biaya yang dikeluarkan setiap kali seseorang mengklik iklan; CPM (Cost Per Mille), yaitu biaya untuk menayangkan iklan per 1.000 tayangan iklan; CPL (Cost Per Leads), yaitu biaya untuk setiap klik yang berubah menjadi lead (target konsumen potensial); dan CPA (Cost Per Acquisition), yaitu biaya yang ditentukan dengan membagi jumlah pelanggan baru akibat iklan yang ditayangkan. Besarnya biaya yang dikeluarkan para pengiklan pun beragam, namun sebagai contoh untuk kisaran biaya CPM di Indonesia adalah mulai dari $3 dan $20 untuk internasional, di luar itu juga bergantung terhadap engagement dari platform yang di tawarkan. Biaya ini nantinya akan dibayarkan kepada platform yang tersedia dan menjadi keuntungan perusahaan. Namun, saat ini banyak juga platform penyedia aplikasi yang membagi keuntungan kepada mitranya supaya mendapatkan engagement lebih dari pada user aplikasi tersebut. "Sebagai contoh, uang yang dibayarkan Youtube kepada para content creator (Youtuber), aplikasi Karaoke, aplikasi Live Video streaming, Video Sharing Social networking service dan juga aplikasi yang saat ini sangat ramai diperbincangkan, yaitu VTube, dengan membagikan sebagian keuntungan iklan yang masuk kepada user," pungkasnya. (RO/OL-7)
Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
WhatsApp Kini Tersedia Untuk Ponsel Fitur yang Menjalankan KaiOS Selengkapnya: https://www.beritateknologi.com/whatsapp-kini-tersedia-untuk-ponsel-fitur-yang-menjalankan-kaios/
Bagi Anda yang belum mengetahui KaiOS, pada dasarnya itu adalah sistem operasi berbasis web yang dikhususkan untuk ponsel fitur, dan Google sudah mengeluarkan banyak investasi untuk OS
10 Teknologi Terbaru dan Tercanggih, Perlu Diketahui
Reporter : Jevi Nugraha Merdeka.com - Teknologi terbaru dan tercanggih semakin mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Semakin manusia membutuhkan banyak hal, sem
Metaverse Sebagai Tren Teknologi Digital Terbaru, Plus-Minus, dan 5 Profesi yg Paling Dibutuhkan
Isi Artikel 1. Apa itu metaverse? 2. Bagaimana cara kerja metaverse? 3. Dampak positif dan negatif tren teknologi metaverse 4. 5 Profesi yang paling dibutu
Microsoft Perkuat Ekosistem Teknologi Indonesia di Dev//Verse untuk Dukung Percepatan Transformasi Digital Nasional
Indonesia News Center Platform belajar Microsoft Learn dan portal inovasi Azure kini tersedia dalam Bahasa Indonesia Microsoft for Startups Founders Hub resmi tersedia secara glob
Multimedia Adalah Penyedia Informasi di Komputer, Berikut Pengertian dan Jenisnya
Multimedia adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi, audio, dan video. Hal ini di
Ketahui Beberapa Hal Mengenai Jaringan Komputer dan Jenis Perangkatnya
Saat ini penggunaan internet sudah mencakup hampir seluruh penjuru dunia. Bahkan, di Indonesia sendiri, pengguna aktif internet juga mengalami peningkatan yang signifikan.
Mengenal Lebih Dalam Teknologi Metaverse
Teknologi Metaverse – Salah satu platform Internet paling terkenal, Facebook, melakukan rebranding untuk mengekspresikan dan menerima ide-ide futuristik dan menggunakan
Siap-siap, Teknologi 5G yang Dinanti Dunia Sudah di Depan Mata
Telekomunikasi seluler berevolusi begitu pesat dalam beberapa dekade. Perubahan itu menjadikan ponsel tak sekadar sebagai alat komunikasi, tapi juga sarana informasi sekaligus hiburan.
Macam Jenis CPU & GPU AMD Dari Generasi Lama HIngga Terbaru
AMD telah membuat banyak jenis CPU, GPU dan APU beserta socket dan chipset processor dari generasi awal hingga processor terbaru. Beberapa model pengembangan CP
Status Resmi WhatsApp Dikabarkan Bisa Curi Rekening Bank, Benar atau Hoaks?
KOMPAS.com - Status di aplikasi WhatsApp biasanya berisi konten foto atau video pendek yang diunggah pengguna. Pekan ini, posting Status yang dibuat oleh pihak WhatsApp mulai muncul di